Sekretaris Daerah Kota Medan Syaiful Bahri Lubis resmi menjabat pelaksana harian (Plh) Walikota Medan.

dibaca 2993 pembaca

Sekretaris Daerah Kota Medan Syaiful Bahri Lubis resmi menjabat pelaksana harian (Plh) Walikota Medan.

Sekretaris Daerah Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis resmi menjabat pelaksana harian (Plh) Walikota Medan.

 

Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi, MSi  telah menyerahkan surat telegram rahasia Nomor: TR.131.12/2032/OTDA, ditandatangani Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono, tertanggal 24 Juli 2015 tentang penunjukkan Sekda Medan, Syaiful Bahri Lubis sebagai Plh Walikota Medan, Senin (27/7/2015) siang, di ruang kerja Wakil Gubernur Sumut, lantai 9 Kantor Gubernur Sumut.

 

Surat telegram rahasia tersebut langsung diterima Sekda Medan Syaiful Bahri Lubis didampingi Assisten I Pemko Medan, Musaddad.

 

Sepenggal bunyi dalam surat tersebut, Untuk menghindari kekosongan pimpinan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Medan, diminta kepada Sekda Kota Medan untuk melaksanakan tugas sehari-hari Walikota Medan, mulai 27 Juli 2015 sampai dengan adanya kebijakan pemerintah lebih lanjut ujar Wagubsu.

 

Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan, dengan pengangkatan Sekda Medan sebagai pelaksana harian Walikota Medan, maka tidak ada alasan jajaran Pemko Medan melalaikan tugas dan tanggungjawabnya.

 

Kan banyak kejadian beberapa hari ini, ada angin puting beliung papan baliho tumbang, itu harus segera ditangani.

 

Jangan sampai ada bahasa belum ada perintah pimpinan,tukas Erry yang didampingi Asisten Pemerintahan Setdaprovsu Hasiholan SIlaen, SH dan Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setdaprovsu Drs Jimmy P. Pasaribu, M.AP

 

Menurut Erry, dalam melaksanakan tugas dan wewenang, Plh Walikota Medan hanya menjalankan tugas-tugas rutin.

 

Sedangkan, hal-hal yang bersifat strategis harus dikoordinasikan kepada Pemprov Sumut

 

Jadi tidak ada kekosongan pimpinan di Pemko Medan. Semua tetap berjalan,sambil menunggu keputusan berikutnya, katanya.

 

Erry belum bisa memastikan kapan Pemko Medan akan diisi oleh Pj (penjabat) Walikota Medan.

 

Erry juga mengaku tidak tahu pasti kendala apa yang terjadi selama ini dalam pengangkatan Pj Walikota Medan yang berasal dari pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Sumut.

 

Tentu akan diusulkan oleh pemerintah provinsi untuk Pj Walikota Medan dalam waktu dekat. Tapi kapan pastinya belum bisa ditentukan.

Terkait kendala selama ini, mungkin saya harus berkoordinasi lebih dulu dengan pimpinan (gubernur) mengapa itu terjadi,ungkapnya