Mendagri Lantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Terpilih

dibaca 6624 pembaca

Mendagri Lantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Terpilih

Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota Medan terpilih Drs H T Dzulmi Eldin Msi dan Ir Akhyar Nasution Msi,secara resmi dilantik oleh  Menteri Dalam Negeri melalui Plt Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi  Rabu (17/2) di lapangan Merdeka Medan. Pelantikan ini dilakukan sekaligus dengan 15 Kepala Daerah lainnya dan wakil kepala daerah pemenang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2015 lalu dan ditambah satu kepala daerah yang menggantikan tugas kepala daerah yang lama yaitu Bupati Tapanuli Tengah.

 

Acara pelantikan dimulai dengan membacakan surat Keputusan Menteri Dalam Negeri masing - masing Kepala Daerah kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Kepala Daerah dan penyematan pangkat oleh Plt Gubsu.

Selanjutnya, Mendagri dalam arahannya yang dibacakan Plt Gubsu mengatakan Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dilantik harus mengikuti arahan atau pesan Presiden tentang keharusan pejabat daerah mendekatkan diri dan melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahannya dengan baik.

 

Menurut Erry Nuradi, pelantikan kepala daerah/wakil dilakukan di Lapangan Merdeka, Medan, agar semua Kepala daerah dekat dengan masyarakat.

 

Jangan menyia-nyiakan amanah rakyat dan kepada rakyat mari beri waktu untuk pejabat menjalankan janji politiknya, katanya.

 

Erry menegaskan, semua Wali Kota/ Bupati harus membuat rencana kerja jangka menengah (RKJM) daerah yang disesuaikan dengan RKJM Pusat khususnya dalam menjalankan "Nawacita" yang diprogramkan Presiden Joko Widodo.

 

Di bidang perekomian, misalnya, pemerintah daerah harus bisa menjaga daya beli masyarakat dan menekan iinflasi serta membuka dan menyerap tenaga kerja yang banyak.

 

Selanjutnya Erry juga memberi apresiasi terciptanya keamanan dalam pilkada serentak yang semula Sumut menjadi daerah yang dikhawatirkan rawan keamanan.

 

Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Keamanan dan seluruh masyarakat yang telah mensukseskan keamanan selama Pilkada.

 

Dalam acara pelantikan kepala daerah di Lapangan Merdeka tersebut, dihadiri 2.000 orang mulai para pejabat Pemprovsu, muspida, simpatisan, pendukung para pasangan kepala daerah, tokoh masyarakat, ketua partai, kaum ulama dan mewakili ormas se sumatera utara.

 

Adapun 15 kepala daerah yang dilantik tersebut yakni, Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution, Bupati/Wakil Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu-Aswin Efendi Siregar, Wali Kota/Wakil Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial-Ismail, Bupati/Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Kharudinsyah-Dwi Perantara, Wali Kota/Wakil Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk-Edi Polo Sitanggang.

 

Selanjutnya Wali Kota/Wakil Wali Kota Binjai Idaham-Timbas Tarigan, Bupati/Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman-Darma Wijaya.

 

Kemudian Bupati/Wakil Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap-Andi Suhaimi Dalimunthe, Bupati/Wakil Bupati Pakpak Barat Remigo Yolando Berutu-Maju Ilyas Padang, Bupati/Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian-Hulman Sitorus, Bupati/Wakil Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang-Surya, Bupati/Wakil Bupati Samosir Rapidin Simbolon-Juang Sinaga, Bupati/Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor-Saut Parlindungan Simamora, Bupati/Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) Wildan Aswan Tanjung-Kholil Jufri Harahap