Perayaan Deepavali di Kota Medan Berlangsung Meriah

dibaca 113 pembaca

Perayaan Deepavali di Kota Medan Berlangsung Meriah

Perayaan Deepavali 5119 Kaliyuga yang diadakan di lapangan Ex. Taman Ria, Jl. Gatot Subroto Medan, Sabtu (28/10/2017) malam, berlangsung meriah. Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru Kota Medan  khususnya masyarakat yang beragama Hindu hadir untuk menyaksikan kemeriahan perayaan Deepavali yang setiap tahun digelar oleh Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kebudayaan bekerja sama dengan PHDI Kota Medan. Berbagai kesenian khas India seperti tarian tradisional dan musik India dipertunjukkan guna menghibur pengunjung yang hadir.

Dengan mengusung tema "dengan semangat Deepavali 5119 Kaliyuga, mari kita satukan perbedaan untuk menuju Medan Kota Madani dan religius" ini diharapkan dapat semakin mempersatukan seluruh masyarakat Kota Medan.

Perayaan Deepavali ini dihadiri langsung oleh Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si. Kehadiran orang nomor satu di Kota Medan ini disambut dengan tarian khas India. Selain itu, Walikota juga menerima ponade yang disematkan langsung oleh Ketua PHDI Kota Medan Kalidasen sebagai bentuk penghormatan.

Walikota Medan dalam sambutannya mengatakan perayaan Deepavali sebagai festival perayaan cahaya merupakan perayaan yang disambut meriah oleh penganut agama Hindu di seluruh dunia. Pelita sebagai sumber cahaya dalam perayaan Deepavali merupakan sebuah perlambang kejayaan kuasa kebaikan dalam mengalahkan kuasa kejahatan.

Walaupun Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, namun dikatakan Walikota, perayaan Deepavali tetap dirayakan dengan penuh sukacita bagi para penganut agama Hindu di Indonesia.

"Kemeriahan perayaan Deepavali yang diadakan malam ini menunjukkan tingginya tingkat toleransi antar umat beragama di negara kita, khususnya di Kota Medan, hal ini juga sangat sesuai dengan slogan bhineka tungga ika dan nilai luhur yang terkandung didalam pancasila." kata Walikota.

Lebih lanjut Walikota menjelaskan dalam masyarakat Kota Medan yang multikultur dan majemuk, perlu suasana kehidupan yang saling menghargai, sama-sama memiliki kesetaraan hukum maupun dalam pemerintahan. Perbedaan budaya, kebiasaan dan adat istiadat haruslah dipandang sebagai potensi kekuatan bangsa yang diikat menjadi kekuatan nyata persatuan bangsa. Selain itu pula, secara sosiologis, masyarakat multikultur dan majemuk memerlukan pengakuan dan penghargaan secara lintas suku maupun budaya.

"Betapa pun kecilnya suatu etnis, mereka tetap mengharapkan pengakuan dan penghargaan sebagai entitas sosial dan sebagai warga bangsa, atas dasar itulah perayaan Deepavali ini diadakan sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan masyarakat Kota Medan akan keberadaan umat Hindu di Kota Medan, semoga kondisi seperti ini akan terus terjaga di Kota Medan." harap Walikota.

Sementara itu, Ketua PHDI Kota Medan, Kalidasen yang hadir dalam perayaan tersebut mengatakan perayaan Deepavali merupakan bentuk kemenangan Dharma (kebaikan) melawan kejahatan, oleh sebab itu Deepavali disimbolkan dengan pesta cahaya.

"Perayaan Deepavali tahun ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan silaturahmi diantara kita sehingga kita semua dapat mewujudkan Kota Medan yang harmonis dan religus." harap Kalidasen.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan, Suherman, SH, M.Si, selaku penyelenggara kegiatan dalam laporannya menjelaskan bahwa perayaan Deepavali ini rutin digelar setiap tahunnya oleh Pemerintah Kota Medan bekerja sama dengan PHDI Kota Medan. Tujuannya yaitu untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan masyarakat di Kota Medan.

"Dengan terciptanya kerukunan dan keharmonisan, insya allah suasana  yang aman dan nyaman dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke kota Medan."ujar Suherman.

Tampak hadir dalam peringatan Deepavali ini, Ketua Komisi 7 DPD RI, Gus Irawan Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Medan, H. Iswanda Ramli, SE, Wakapolrestabes Medan, AKBP Tatan Dirsan Atmaja, SIK, Pembina Hindu Kementerian Provsu, Kuil Sembiring, S.Ag, M.Si, serta Camat di lingkungan Pemko Medan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan