Walikota Medan Buka Dialog Kerukunan

dibaca 296 pembaca

Walikota Medan Buka Dialog Kerukunan

Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, MSi diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ceko Wakhda Ritonga, SH membuka Dialog Kerukunan yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Medan, Sabtu (9/12) di Hotel Madani. Peserta dalam dialog ini adalah  wartawan se-Kota Medan.

Dalam sambutanya, Walikota mengungkapkan, profesionalitas wartawan dalam menyajikan pemberitaan masalah keragaman berperan penting dan strategis dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. 

"Karenanya, taat pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers menjadi kewajiban agar wartawan tidak salah dalam menyajikan pemberitaan," ujarnya.

Walikota mengatakan, wartawan dan orang-orang pers adalah ilmuwan. Sebagai orang berilmu mereka harus menyampaikan kebenaran dengan benar dan dalam perspektif membangun bangsa. Dalam kesempatan itu, Walikota berharap agar semua pihak, termasuk FKUB, para tokoh agama dan masyarakat ikut mendukung menciptakan kenyamanan bagi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. 

"Jangan hambat wartawan profesional dalam menjalankan tugasnya, tapi dukunglah sehingga karya jurnalistiknya bermanfaat bagi masyarakat, "  harap Walikota. 

Dalam dialog itu Ketua FKUB Drs. Ilyas Halim, MPd memaparkan soal kerukunan antar umat beragama. Salah satu point yang disampaikan adalah, yang bisa rukun adalah penganut agama, bukan agama.  

"Ada dua hal yang tak bisa dipersoalkan untuk menjaga kerukunan. yakni jangan mempertentangkan aqidah dan keturunan, " ujarnya.  

Narasumber lainnya adalah Erwan Effendi, SSos, MA yang mengetengahkan strategi media dalam menjaga kerukunan antar umat beragana melalui pemberitaan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com