Dishub Bersama Satlantas Tilang dan Gembosi Kendaraan Bermotor Parkir Sembarangan

dibaca 366 pembaca

Dishub Bersama Satlantas Tilang dan Gembosi Kendaraan Bermotor Parkir Sembarangan

Menindaklanjuti perintah Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, MSi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan bekerjasama dengan Satlantas Polresta Medan, Kamis (4/1) menindak tegas sejumlah kendaraan bermotor yang parkir sembarangan. Dalam penertiban itu, tim menilang 1 unit mobil serta menggembosi  (mengempeskan) 1 unit kendaraan bermotor roda empat dan 2 unit sepeda motor.

Operasi ini diawali di kawasan Lapangan Merdeka, sebab tidak sedikit kendaraan bermotor yang parkir di jalur pedestrian pasca selesai dibangun meskipun telah dipasang rambu larangan parkir sehingga membuat banyak pejalan kaki yang merasa kurang nyaman ketika melintasinya. Selain itu juga dilakukan di kawasan Jalan Bukit Barisan, Jalan KH. Zainul Arifin serta sejumlah ruas jalan lainnya di Kota Medan.

“Tindak tegas ini kita lakukan untuk memberikan efek jera para pengemudi kendaraan bermotor agar tidak parkir sembarangan, terutama di seluruh jalur pedestrian,” kata Kadishub Kota Medan Renward Parapat.

Diungkapkan Renward, pihaknya sebenarnya sudah melakukan penertiban yang disertai penggembokan maupun penggembosan. Hanya saja penertiban yang dilakukan tidak rutin sehingga tidak menimbulkan efek jera. Oleh karenanya Renward menegaskan, Dishub akan terus melakukan penertiban.

“Mulai saat ini kita akan lebih meningkatkan pengawasan dan penertiban terhadap seluruh kenderaan bermotor yang parkir sembarangan, terutama di jalur pedestrian. Apalagi kita didukung payung hukum yang kuat yakni Peraturan Walikota Medan No.70/2017 tentang Tata Cara Pemindahan/Penderekan, Penguncian/Penggembokan ,” tegasnya.

Guna memberikan efek jera, Renward menegaskan lagi, penertiban akan dilakukan pagi dan sore hari.  “Begitu menemukan ada kenderaan bermotor yang parkir sembarangan, baik di jalur pedestrian maupun parkir berlapis yang menyebabkan terjadinya kemacetan langsung kita tindak sesuai dengan Perwal No.70/2017,” ungkapnya.

Untuk itulah Renward menghimbau agar para pemilik kenderaan bermotor supaya tidak parkir sembarangan, terutama jalur pedestrian karena jalur itu dibangun diperuntukkan bagi para pejalan kaki. “Pokoknya kalau kedapatan parkir sembarangan, langsung kita tindak tegas. Jadi mulai saat ini, parkirkan kenderaannya di lokasi yang diperbolehkan untuk parkir!” pungkasnya.

Walikota telah menginstruksikan kepada Dishub Kota Medan untuk menindak tegas seluruh kendaraan bermotor yang parkir sembarangan, terutama jalur pedestrian. Sebab, jalur pedestrian yang telah selesai dibangun diperuntukkan bagi para pejalan kaki di Kota Medan.

Namun dalam pantauan Walikota, masih banyak ditemukan kendaraan bermotor, terutama roda empat yang parkir di jalur pedestrian tanpa ada tindak tegas dari Dishub Medan meski telah diterbitkan Perwal No.70/2017. Kondisi itu membuat para pejalan kaki merasa tidak aman dan nyaman ketika melintasi jalur tersebut.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan