TANDA-TANDA ANAK SIAP UNTUK BERSEKOLAH

dibaca 231 pembaca

Banyak pendapat tentang waktu yang tepat untuk anak bersekolah. Belum lagi dengan jumlah lembaga pendidikan anak yang makin berkembang dengan segala kemampuan yang dijanjikan akan dimiliki oleh anak. Tumbuh kembang anak malah menjadi industri pendidikan. Membuat orang tua malah kebingungan.

Namun pada kenyataannya, kebutuhan tiap anak berbeda untuk urusan bersekolah. Ada anak yang sudah mandiri dan berkemauan untuk masuk sekolah di usia dini karena melihat kakaknya berangkat sekolah setiap hari. Namun ada juga yang belum tertarik untuk sekolah pada usia yang sama. Hal ini karena tiap anak memiliki karakter, perkembangan diri dan lingkungan yang berbeda. Belum ada teori yang umum dan dapat diterapkan secara bersamaan kepada semua anak karena hal ini dapat dilihat berdasarakan tingkat kekuatan, keterampilan, dan kematangan anak.

Pada kondisi inilah dibutuhkan peran orang tua maupun lingkungan sekitar untuk memperhatikan minat anak terhadap sekolah. Namun kapan penilaian ini perlu menjadi perhatian? Salah satu alasannya adalah saat anak memperlihatkan sikap tanda-tanda siap untuk sekolah.

Orang tua dan lingkungan perkembangan anak dapat mempertimbangkan waktu anak untuk sekolah dengan memperhatikan beberapa gejala minat berikut ini:

  1. Anak sering meminta ikut bersekolah atau tertarik dengan sekolah
  2. Anak sering meminta pensil dan kertas untuk coret-coret
  3. Anak memberikan respon saat dibacakan buku cerita
  4. Anak menunjukkan sikap mandiri meski berada dekat ibu maupun pengasuhnya
  5. Anak sudah mandiri untuk mengurus diri sendiri seperti toilet training
  6. Anak sudah mampu mengikuti instruksi sederhana.

Jika para orang tua sudah melihat tanda-tanda tersebut pada anak, tidak ada salahnya untuk mulai mencari sekolah ataupun PAUD yang sesuai dengan usia anak. Jangan lupa untuk melihat apakah sekolah tersebut sesuai dan membangun karakter anak.

Tapi bagaimana jika anak belum menunjukkan kesiapan untuk sekolah hingga usia 5 tahun? Bisa saja hal itu terjadi. Dan jika itu terjadi, para orang tua sudah harus memperkenalkan lingkungan sekolah kepada anak dengan mengajak ke sekolah dan memberikan pandangan atau masukan kepada anak bahwa sekolah itu menyenangkan dan memberikan banyak hal baru dan teman-teman yang baru.

Semoga bermanfaat…