Wali Kota Medan Pimpin Rapat Penertiban PK5 Di Jalan Bulan dan Pengelolaan Pasar Buku

dibaca 325 pembaca

Wali Kota Medan Pimpin Rapat Penertiban PK5 Di Jalan Bulan dan Pengelolaan Pasar Buku

Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si., M.H dihadiri Wakil Wali Kota Ir. H Akhyar Nasution, M.si memimpin Rapat Penertiban Pedagang Kaki Lima (PK5) yang berada di seputaran jalan Bulan dan Pengelolaan Pasar Buku di ruang Rapat I, Kantor Wali Kota Medan, Jumat (07/12). Selain itu rapat ini juga membahas lanjutan Revitalisasi pasar Timah  yang ada di lapangan merdeka Medan.

Dalam rapat yang dihadiri Para Asisten dan Sejumlah Pimpinan OPD diantaranya, Asisten Ekbang, Qamarul Fattah, Asisten Umum Ikhwan Habibi Daulay, Kadishub Renward Parapat, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Sampurno Pohan dan Kasat Pol PP HM Sofyan ini, Wakil Wali Kota Medan meminta OPD terkait untuk dapat menertibkan PK-5 yang berada di seputaran jalan Bulan.

"Saat ini di seputaran jalan Bulan dan Jalan Veteran masih banyak PK5 yang menggelar jualannya di pinggir jalan. Tentunya ini sangat jauh dari keinginan Pemko Medan  mengembalikan fungsi jalan dapat sebagaimana mestinya. Artinya Pemko Medan menginginkan suasana di lokasi tersebut hidup. Untuk itu masing - masing OPD dapat melaksanakan tugasnya", kata Wakil Wali Kota.

Kemudian Wakil Wali Kota Meminta kepada Satpol PP untuk menurunkan personil dalam penertiban yang akan dilakukan, setelah itu dinas pekerjaan umum agar dapat membangun pembatas jalan dari beton sehingga fungsi jalan tersebut akan kembali. Selain itu Dinas Pertamanan dan kebersihan agar dapat memasang lampu jalan sehingga jalan tersebut akan terang di malam hari. 

"Untuk Dinas Perhubungan agar mengatur lalu lintas di jalan tersebut. Artinya rekayasa lalu lintas perlu dilakukan agar masyarakat dapat menggunakan jalan tersebut dan pedagang pk5 tidak lagi berjualan. Selain itu fungsi sisi kiri dan kanan jalan agar dapat digunakan untuk parkir", jelas Wakil Wali Kota.

Selanjutnya untuk pasar Buku, Wakil Wali Kota Medan mengungkapkan operasional Pasar Buku telah berjalan akan tetapi pasar ini belum jelas pengelolaanya. Untuk itu diminta kepada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) agar dapat melakukan serah terima kepada PD Pasar agar Pasar Buku tersebut dapat dikelola.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan