HARI KELUARGA NASIONAL 2016

dibaca 1547 pembaca

HARI KELUARGA NASIONAL 2016

HARGANAS XXIII 2016 DILAKSANAKAN DI KUPANG, NTT   29 JULI 2016

Motto

 Keluarga Berkarakter, Indonesia Jaya

 Tema

 Hari Keluarga Nasional Merupakan Momentum Upaya Membangun Karakter Bangsa Mewujudkan Indonesia Sejahtera

 

 

Arti Logo Keluarga Nasional 2016

 

Lingkaran 
Melambangkan kebulatan tekad keluarga Indonesia untuk memperingati Hari Keluarga (karena keluarga adalah yang pertama dan utama sebagai basis pembangunan keluarga).

Warna Kuning Emas
Penggunaan warna emas sebagai latar belakang logo menggambarkan tekad mewujudkan generasi emas Indonesia tahun 2045 yang tercipta melalui peran serta keluarga.

Pita Merah Putih, Bendera Republik Indonesia 
Menjadi pengikat keragaman untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayah, Ibu dan 2 Anak 
Melambangkan semangat mewujudkan “Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera” yaitu kondisi keluarga bahagia yang ceria dan harmonis, yang terdiri dari Ayah, Ibu dan dua anaknya. Keluarga kecil dengan dua anak atau catur warga.

Rantai Jumlah Delapan 
Menggambarkan 8 (delapan) Fungsi Keluarga, sebagai satu kesatuan yang utuh dan saling bertaut sebagai prasarat dalam membangun ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Logo PKK
Logo PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) ditempatkan di kanan dan di kiri. Logo PKK menggambarkan 10 program pokok PKK bermakna PKK berperan penting dalam pembentukan masyarakat yang produktif, kreatif dan responsif membangun keluarga berkualitas.

Motif Khas NTT Mengikuti Lingkaran
Yaitu motif tenun Ende berjumlah 17 (tujuh belas) yang menggambarkan sinergitas Program KKBPK dengan Tradisi dan Budaya Daerah setempat, Ende adalah kota Pancasila, karena dikota Ende tempat pembuangan Ir. Soekarno yang mencetuskan ide Pancasila yang kelak menjadi dasar negara Indonesia.

Alat Musik SASANDO 
Alat Musik Khas Daerah NTT pada bagian tengah logo, melambangkan pengikat Keharmonisan Keluarga. Pada siluet sasando di sebelah kiri kanan masing-masing mewakili bilik kiri dan kanan otak, siluet masing-masing 3 melambangkan 3 nilai Revolusi Mental yakni : Integritas, Etos Kerja, Gotong royong

Kesimpulan
Dengan demikian secara filosofis logo ini menggambarkan angka 17 pada tenun ikat motif ende yang berarti tanggal 17 Rantai delapan sebagai 8 fungsi keluarga dan juga bulan kedelapan (agustus) keluarga kecil dengan dua anak adalah catur warga dengan nilai empat dan berikut sasando alat musik tradisional dengan puncak berjumlah lima maka secara keseluruhan logo ini bermakna juga sebagai 17 Agustus tahun 1945.